Berita

    Featured Image

    Ketahui Komponen Pendingin Mesin Mobil

    Kendaraan roda empat sudah dilengkapi dengan sistem dan komponen pendingin mesin mobil. Fungsinya yaitu untuk menjaga agar mesin mobil tidak mengalami overheat saat digunakan. Sistem pendingin akan membuang panas, supaya mesin mobil bisa bekerja dengan efisien.

    Sebab, mesin mobil yang terlalu panas akan menurunkan kinerja dan menimbulkan masalah pada mobil. Dibutuhkan sistem yang mampu menjaga suhu tetap stabil saat mesin mobil terus dipacu. 

    Komponen-komponen Pendingin Mesin Mobil 

    Secara otomatis sistem pendingin mobil akan menjaga suhu mesin agar tidak terlampau panas. Saat mesin mengalami panas yang berlebih atau overheat komponen seperti piston serta stang akan rusak parah. 

    Stang bisa menjadi bengkok karena panas yang akhirnya menutup piston. Kemudian menyebabkan mobil mogok karena mesin yang tidak bisa berfungsi. 

    Bicara mengenai komponen pendingin mobil, Anda pasti langsung teringat dengan radiator. Radiator memang berfungsi untuk menjaga suhu mesin, tapi sistem pendingin mesin mobil terdiri dari banyak komponen. Bukan hanya radiator. 

    Berikut ini ulasan komponen-komponen dari komponen pendingin yang ada di mobil:

    • Radiator 

    Radiator merupakan salah satu komponen penting dalam sistem pendingin mesin mobil. Radiator tersusun dari rangkaian pipa kecil dengan fin berbentuk sarang lebah. 

    Fungsi radiator yaitu membuat cairan pendingin mesin kembali dingin setelah digunakan. Proses ini terjadi di dalam pipa-pipa kecil radiator. Kisi-kisi yang ada pada radiator juga berfungsi mengeluarkan hawa dengan bantuan angin. 

    Cara kerjanyanya, air yang sudah dipakai untuk mendinginkan mesin akan ditampung pada upper tank. Kemudian air yang panas tersebut turun melewati pipa-pipa kecil. Pada bagian ini air akan mengalami prose pendinginan. 

    Kemudian cairan yang sudah dingin ditampung di lower tank. Nantinya air yang ada di tangki akan kembali disalurkan dan diputar ke ruang mesin untuk menyerap panas. 

    • Kipas Radiator

    Kipas radiator berperan menghasilkan aliran udara pada komponen radiator. Aliran udara dipakai untuk proses pendinginan cairan yang ada dalam radiator. 

    Namun cara kerjanya bukan menghembuskan udara sejuk atau dingin untuk mengurangi panas. Melainkan menghisap udara dingin dari radiator untuk dihembuskan ke mesin mobil. 

    • Thermostat