Berita

    Ketahui Teknologi Immobilizer Mobil

    Di zaman yang serba modern, sistem keamanan mobil juga berkembang seiring berkembangnya teknologi, salah satunya adalah munculnya sistem immobilizer mobil.

    Sistem immobilizer adalah perangkat anti-maling, yang dirancang untuk mencegah dan menghalangi pencurian mobil. 

    Jika kode ID transmisi kunci tidak sesuai dengan kode yang terdaftar sebelumnya di ICM (Immobilizer Control Module), ECM tidak mengontrol injeksi bahan bakar dan pengapian. 

    Sehingga mesin tidak dapat dihidupkan. Ini akan menghambat maling yang ingin membawa mobil Anda kabur. 

    Oleh karena itu, kunci untuk setiap kendaraan yang dipasang berisi kode ID unik yang terdaftar di ICM. 

    Jadi, selain sistem anti-pencurian yang saat ini tersedia seperti sirine mobil dan sistem anti-pencurian immobilizer bertujuan untuk mengurangi tingkat pencurian mobil secara signifikan.

    Semua yang Perlu Anda Tahu Tentang Immobilizer Mobil:

    • Struktur Sistem Anti-Perampokan Immobilizer

    Seperti yang sudah dijelaskan di awal artikel, jika kode ID transisi Kata Kunci tidak sesuai dengan kode ID yang terdaftar di ICM sebelumnya, ECM sama sekali tidak mengontrol injeksi bahan bakar dan pengapian. Artinya mobil tidak bisa distarter.

    Sistem ini terdiri dari detektor satelit yang terhubung ke pemancar jarak jauh, kendali jarak jauh sistem anti-ketukan, MICU, lampu indikator sistem, dan ECM/PCM.

    • Prinsip Kerja pada Sistem Immobilizer 

    Ketika kunci ID (diprogram oleh HDS) dimasukkan ke dalam kunci kontak dan dihidupkan, penerima built-in mentransmisikan sinyal ke detektor satelit. 

    Detektor satelit kemudian mengirimkan sinyal yang dikodekan kembali ke penerima terintegrasi, yang kemudian mengirimkan sinyal yang dikodekan ke ECM/PCM dan MICU.

    ECM/PCM dan MICU akan mengenali sinyal kode ini, yang kemudian dapat diterapkan untuk mengontrol pompa bahan bakar dan pengapian sehingga mobil bisa distarter. 

    • Sistem Immobilizer Sebagai Keamanan Dua Tingkat

    Advanced Engine Immobilizer System atau Sistem keamanan dua tingkat adalah keamanan yang berisi dua kode. 

    Kode pertama pada keamanan ini bersifat permanen sedangkan kode kedua akan berubah setiap kali kunci menyalakan mesin, dan kendaraan menjadi mobile.