Berita

    Kenali Penyebab Kipas Radiator Mobil Tidak Berputar

    Radiator menjadi salah satu spare part yang punya peran penting di mobil Anda. Di dalamnya ada sebuah bagian bernama kipas radiator. Saat kipas radiator tidak berputar, maka ini akan menjadi masalah bagi mobil yang Anda gunakan. 

    Penyebab Kipas Radiator Tidak Berputar

    Radiator bekerja menjaga suhu mesin mobil agar tidak overheat. Fungsi tersebut bisa berjalan optimal jika kipas radiator berputar. Jika bagian kipasnya macet dan tidak mau berputar maka hal ini akan berpengaruh pada performa mobil.

    Ada berbagai jenis faktor yang bisa menyebabkan bagian kipas ini tidak bisa berputar. Faktor-faktor tersebut penting untuk dipahami agar Anda bisa mendapatkan solusi terbaik. Berikut adalah beberapa faktor penyebab kipas radiator tidak berputar:

    • Terjadi Korsleting

    Penyebab pertama, kipas radiator bisa saja macet karena terjadi korsleting. Korsleting yang dimaksud terjadi pada bagian sekring. Sekring ini merupakan bagian yang menjaga agar arus listrik bisa dialirkan ke kipas radiator. 

    Jika aliran listrik ke sekring mengalami korsleting dan akhirnya terputus, maka kipas tidak akan menyala. Hal yang sama juga terjadi ketika ada tegangan listrik terlalu besar yang memicu munculnya korsleting pada sekring.

    Apabila kondisi ini terjadi maka sekring harus diperbaiki supaya bisa mengalirkan listrik dengan normal kembali. Jangan dibiarkan begitu saja karena bisa memicu kerusakan yang lebih parah. 

    • Putusnya Kabel Konektor

    Kipas radiator tidak berputar juga bisa karena kabel konektornya putus. Secara logika, kabel konektor ini bisa diartikan sebagai sumber daya bagi kipas untuk berputar. Jika kabelnya saja terputus maka kipas tentu saja akan berhenti berputar. 

    Dalam kondisi normal, konektor ini akan terhubung langsung dengan kipas. Namun saat terputus, berarti konektor tidak bisa membantu kipas untuk berputar. Putusnya kabel tersebut juga bisa dipicu oleh berbagai faktor. 

    Jika ditemukan adanya kabel konektor yang putus, maka segera lakukan penggantian. Kabel yang putus harus diganti dengan yang baru supaya bisa mendukung kipas untuk berputar seperti sedia kala. 

    [Downloader.la]-630984497df4b
    • Rusaknya Sensor Thermostat