Berita

    Ketahui Penyebab AC Mobil Bunyi Terus & Cara Mengatasinya

    Pernahkah Anda kesal karena AC mobil bunyi terus? Seperti bunyi ngorok, mendengung bahkan seperti berdecit. Hal ini tentu akan mengganggu kenyamanan Anda selama perjalanan. 

    Sebenarnya apa sebab dari bunyi AC mobil ini? Kemudian bagaimana ya cara mengatasinya? Simak penjelasannya pada artikel berikut ini ya!

    Penyebab AC Mobil Bunyi Berisik 

    Ada beberapa hal yang menyebabkan kompresor AC berbunyi bising. Anda perlu melakukan pemeriksaan pada beberapa komponen seperti evaporator, hingga magnetic clutch. Selengkapnya, ikuti penjelasan tentang penyebab AC mobil berbunyi berikut ini:

    • Komponen AC Tidak Terpasang dengan Benar

    Periksa kembali pemasangan komponen pada AC Anda. Apalagi jika Anda pernah memasang sendiri. Bisa jadi ada kesalahan pemasangan dan menyebabkan kompresor berbunyi berisik.

    Apabila Anda tidak memahaminya, lebih baik bawa ke teknisi terdekat. Supaya bisa dipasang kembali secara sempurna.

    • Saluran AC Bocor

    Penyebab berikutnya adalah saluran AC mengalami kebocoran. Ketika hal tersebut terjadi, maka freon dan oli akan mudah habis. Sehingga ada gesekan pada piston yang bisa menyebabkan bunyi berisik.

    • Ada Masalah pada Magnetic clutch

    Magnetic clutch adalah sebuah penghubung antara mesin dan kompresor. Fungsinya yaitu untuk mengatur kinerja kompresor pendingin.

    Bisa jadi magnetic clutch mengalami masalah karena sudah aus. Tak hanya itu, kualitas produk juga bisa menjadi penyebab adanya bunyi dari AC. Anda bisa menggantinya jika ini terjadi. 

    • Ada Benda Asing yang Masuk ke AC

    Penyebab AC mobil bunyi selanjutnya adalah kompresor kemasukan benda asing. Misalnya saja daun kering, kerikil atau bahkan sisa makanan. Benda asing ini bisa jadi bergesekan dengan kompresor, dan menyebabkan bunyi-bunyian. 

    Untuk melihatnya, Anda bisa membongkar kompresor AC. Kemudian cari tahu keberadaan benda asing ini. Ketika sudah ketemu, maka segera bersihkan ya.

    • Gas Freon Habis

    Penyebab berikutnya adalah freon pada AC mobil habis. Apabila penyebabnya karena ini, segera lakukan pengisian freon. Supaya bunyi desisan bisa menghilang.

    Nah, untuk menghindari hal ini terjadi kembali, Anda harus mencatat kapan pengisian freon. Supaya AC tidak berbunyi desisan saat telat mengisi. Sekaligus agar AC tetap dingin.

    • Evaporator Kotor