Berita

    Featured Image

    Simak Cara Merawat Mesin Mobil Hybrid

    Dunia otomotif terus melakukan perkembangan melalui sistem teknologi. Tidak hanya mengandalkan sisi estetika dan  kenyamanannya, sistem teknologi pada mobil pun menjadi perhatian utama saat ini. Salah satunya adalah munculnya mobil hybrid.

    Apa itu mobil hybrid? Mobil hybrid adalah mobil yang memiliki mesin hybrid, perkembangan dari mobil konvensional sehingga memiliki dua bahan bakar. Bahan bakar pertama adalah bensin dan bahan bakar kedua adalah tenaga listrik.

    Bagaimana cara kerja mobil ini? Penjelasan singkatnya adalah bahan bakar listrik akan digunakan pada kecepatan rendah sampai menengah, sedangkan bahan bakar bensin akan digunakan pada kecepatan tinggi. Melihat sisi ini dan berkaca pada mobil konvensional, mobil dengan mesin hybrid dinilai jauh lebih irit.

    Saat ini, Indonesia masih berada di masa transisi untuk masuk ke era mobil listrik. Meski sudah ada, namun penggunaan mobil bersistem listrik masih sedikit.

    Akibatnya, masih sedikit pula bengkel-bengkel resmi untuk mobil hybrid dan mobil listrik. Maka dari itu, pemilik mobil hybrid harus melakukan perawatan mesin hybrid secara berkala.

    Cara Merawat Mesin pada Mobil Hybrid

    Anda berniat untuk membeli mobil hybrid? Yuk simak penjelasan berikut ini mengenai perawatan apa saja yang harus diperhatikan ketika Anda memiliki mobil Hybrid.

            1. Bersihkan Filter Kipas

    Lakukan perawatan filter kipas pada mobil hybrid dengan membersihkannya minimal 6 bulan sekali.

    Untuk filter yang sudah sangat kotor, disarankan untuk menggantinya dengan yang baru. Kisaran harga filter kipas sekitar 60 ribuan.

    Saran penggantian filter kipas adalah minimal 6 bulan sekali atau setiap 10.000 km.

            2. Hindari Mencuci Mesin Hybrid

    Pada umumnya, ruang mesin kerap dibersihkan agar komponen tetap terawat dalam keadaan baik dan bersih. Namun, hal ini tidak berlaku pada mobil hybrid.

    Mobil hybrid tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Hal ini justru dapat merusak komponen kelistrikannya. Sehingga cara membersihkannya adalah cukup lap menggunakan kain yang sudah dibasahi sedikit.

            3. Cek Kondisi Baterai secara Berkala

    Jika Anda membeli mobil Hybrid dari kondisi baru tidak perlu mengkhawatirkan kondisi baterai. Namun pada kondisi mobil Hybrid bekas, lakukan pengecekan secara berkala mengenai kondisi baterainya.