Berita

    Sangat Mudah, Ini Dia Cara Menghilangkan Bau Rokok di Mobil

    Kebiasaan merokok dalam mobil, kurang baik karena bau asap rokok biasanya susah hilang dari kabin karena telah menempel pada di jok dan bagian kabin lainnya. Hal ini akan sangat mengganggu penumpang lain. Apalagi itu adalah mobil keluarga dan sering digunakan bersama buah hati Anda.

    Selain itu, abu rokok yang bertebaran dan menempel dalam kabin tidak sehat bagi penumpang. Bila Anda perokok dan sering melakukannya dalam kabin, sebaiknya Anda punya cara untuk menghilangkan bau rokok agar pengguna lain nyaman di dalam mobil.

    Caranya mengusir bau rokok dari kabin, bisa menggunakan pengharum alami agar udara dalam mobil lebih segar. Selain itu, Anda perlu membersihkan sirkulasi udara mobil, agar menghilangkan bau rokok.

    Berikut cara menghilangkan bau rokok pada kabin mobil

     1. Bersihkan Sirkulasi Udara Mobil

    Bersihkan sirkulasi udara mobil seperti Air Conditioning (AC) mobil, akan membantu menghilangkan bau rokok pada kabin. Caranya dengan mengaktifkan AC, lalu diamkan beberapa saat supaya ada pertukaran udara dari luar, sehingga bau rokok bisa berkurang atau hilang. Anda bisa melakukannya dan menunggu 10 atau 15 menit sebelum menggunakan mobil untuk perjalanan. Selain itu, Anda bisa membuka jendela beberapa saat, tanpa menyalakan AC, biarkan pertukaran udara terjadi secara alami. Cara ini bisa mengusir bau apek asap rokok, atau paling tidak menguranginya.

     2. Pakai Pengharum

    Menggunakan pengharum dalam kabin, bisa menjadi salah satu cara menghilangkan bau rokok pada kabin mobil. Perlakuan seperti ini yang umum dilakukan oleh pemilik mobil. Namun Anda harus pandai memilih pengharum, yang baunya lebih alami dan segar. Perlu diingat bahwa menggunakan pengharum, hanya memberikan efek sesaat jika Anda sering merokok dalam kabin. Bahkan aroma pengharum tertentu, yang terkontaminasi dengan bau rokok justru akan membuat penumpang cepat pusing dan tidak nyaman.

    3. Vacuum Interior Mobil

    Hal lain yang bisa dilakukan untuk mengusir bau rokok adalah dengan melakukan vakum pada interior mobil. Bau asap rokok yang sudah menempel pada jok atau karpet, memang agak susah hilang. Untuk itu, perlu vakum untuk menghisap semua abu atau asap yang masih menempel di kabin. Selain itu, Anda juga bisa mengelap jok atau bagian lain dengan kain dan semprotan pembersih khusus yang bisa menghilangkan atau mengurangi bau rokok pada piranti dalam kabin mobil

    4. Pakai Jasa Salon Mobil

    Jika berbagai upaya sudah dilakukan dan bau rokok masih juga mengganggu, artinya Anda butuh treatment khusus yang dilakukan oleh salon mobil yang profesional dan biasa menangani kebersihan interior mobil. Di salon mobi, mereka punya berbagai perlengkapan dan cara untuk membuat interior kembali bersih dan harum seperti mobil baru. Di sana Anda tidak hanya bisa membersihkan mobil, tetapi mengganti interior Anda, sehingga kabin mobil kembali nyaman.