Berita

    Mengenal Apa Itu Drum Brake Mobil dan Fungsinya

    Drum brake mobil menjadi salah satu komponen penting yang akan berpengaruh pada kenyamanan saat berkendara. Komponen ini merupakan salah satu bagian dari sistem pengereman pada sebuah kendaraan. 

    Perlu diketahui bahwa komponen ini punya fungsi yang cukup vital. Tentunya sangatlah penting bagi Anda untuk memahami lebih banyak tentang komponen ini agar bisa merawatnya secara optimal. 

    Pengertian Drum Brake Mobil

    Drum brake sebenarnya merupakan istilah lain dari rem tromol pada mobil. Sudah jelas bahwa komponen ini menjadi bagian dari sistem pengereman yang artinya memiliki fungsi penting untuk mengerem saat berkendara.

    Sebagai pengendara mobil, sebaiknya Anda mengetahui bahwa ada beberapa jenis drum brake. Berikut ini 4 jenis drum brake pada mobil yang perlu Anda ketahui:

    • Single Leading Shoes

    Jenis rem tromol ini memiliki dua bantalan rem yang bekerja masing-masing. Bantalan pertama akan menjalankan fungsinya sebagai kampas utama. Sementara itu bantalan kedua sebagai pendukung dari bantalan pertama. 

    • Two Leading Shoes

    Drum brake satu ini dilengkapi 2 bantalan rem yang akan bekerja secara bersamaan. Saat Anda menginjak rem dan memperlambat laju kendaraan, maka 2 bantalan rem tersebut akan bergerak ke arah yang berlawanan. 

    • Leading and Trailing Shoes

    Berikutnya ada tipe leading and trailing shoes. Jenis drum brake ini dilengkapi 2 bantalan rem dimana bantalan pertama menjadi kampas utama dan bantalan lain bekerja sebagai alat bantu untuk menghentikan kendaraan. 

    Nantinya bantalan pertama akan menjadi komponen utama yang menghentikan putaran tromol atau leading. Barulah fungsi ini akan didukung oleh adanya bantalan kedua

    • Dual Fixed Cylinder

    Drum brake yang satu ini dilengkapi 4 piston yang terdapat pada 2 roda silinder. Jika Anda mengerem mobil, maka 4 piston tersebut akan terdorong oleh sepatu rem karena adanya tekanan hidrolik dari pedal rem. 

    Gaya gesek yang dihasilkan oleh 4 piston pada drum brake ini cukup besar. Gaya itulah yang pada akhirnya bisa menghentikan laju mobil Anda.

    Fungsi Drum Brake

    drum brake

    Sudah disebutkan sebelumnya bahwa komponen drum brake mobil itu sendiri merupakan bagian dari sistem pengereman. Jadi bisa diketahui bahwa komponen ini memiliki fungsi dalam memperlambat dan menghentikan laju kendaraan. 

    Pada dasarnya memang drum brake itu sendiri akan bekerja sebagai pengendali laju kendaraan mobil Anda. Berkat komponen inilah, kecepatan mobil Anda bisa berkurang secara perlahan dan pada akhirnya benar-benar berhenti. 

    Drum brake memiliki cara kerja tersendiri untuk menjalankan fungsinya tadi. Bisa dikatakan bahwa drum brake akan bekerja secara sistematis dan bertahap sampai laju kendaraan benar-benar berhenti. 

    Saat Anda menginjak pedal rem, komponen piston master silinder dan pushroad akan tertekan. Hal ini kemudian memicu piston untuk bergerak dan mendorong minyak rem.

    Cairan minyak rem tadi akhirnya akan mengalir ke wheel cylinder dan membuat gaya dorong cairan berubah menjadi energi mekanis. Setelah itu kampas rem akan menyebabkan brake shoe mengembang dan menekan drum brake

    Tekanan pada drum brake inilah yang akan memicu gaya gesek. Pada akhirnya putaran tersebut akan berubah semakin pelan dan membuat laju kendaraan Anda melambat sampai berhenti total.