Berita

    Featured Image

    Isi Bensin Saat Mudik, Begini Cara Amannya

    Mengisi bensin selama perjalanan mudik pasti dilakukan oleh setiap pemudik. Tapi tahu gak sih kamu, kalau mengisi bensin ada tips nyamannya, lho. Inilah beberapa tips mudik ringan seputar aturan di pom bensin bagi pengguna mobil.

            1. Jaga jarak aman

    Jangan samakan antrian mengisi bensin dengan antrian saat kamu kena macet di jalan. Cobalah untuk menjaga jarak aman dengan mobil lain di depan.

    Tujuannya, jika sampai terjadi sesuatu hal, masih cukup ruang bagi kamu untuk melakukan manuver atau menghindar.

            2. Dilarang menggunakan smartphone

    Kelihatannya sepele, namun sinyal yang dipancarkan oleh gadget kamu sanggup memicu terjadinya percikan api saat bertemu uap bensin. Dan itu sudah cukup untuk menimbulkan kebakaran.

    Uap bensin menjalar dari celah antara nozzle pengisian dan lubang tangki bensin yang sedang melakukan pengisian bahan bakar. Saat bertemu energi listrik dari sinyal smartphone, potensi terbakar bisa muncul.

            3. Matikan mesin sebelum isi bensin

    Ini juga merupakan prosedur standar yang selalu diingatkan oleh petugas SPBU tapi masih sering diabaikan oleh pengguna mobil.

    Sederhana saja, mesin mobil yang menyala bisa memicu terjadinya percikan api saat bertemu uap bensin. Apalagi bila ada masalah di sistem kelistrikan mobil kamu.

            4. Lepaskan safety belt

    Sebenarnya melepaskan safety belt atau sabuk pengaman tidak ada korelasi langsung dengan risiko terpicunya api di pom bensin. Ini dilakukan semata jika sampai terjadi kondisi darurat, penumpang bisa dengan cepat keluar dari mobil.

    Saking paniknya penumpang justru sering kesulitan membuka safety belt karena secara otomatis akan mengunci saat diberi tekanan oleh tubuh. Sehingga membuatnya kian sulit untuk dibuka.

            5. Pastikan nozzle BBM menempel lubang tangki

    Cobalah perhatikan saat petugas SPBU mengisi bahan bakar ke dalam tangki bensin mobil kamu. Pastikan nosel pengisian BBM menyentuh mulut tangki untuk menghindari timbulnya listrik statis yang bisa menyulut api.

            6. Pastikan tidak ada sisa bensin di tutup tangki

    Pastikan operator SPBU tidak mengangkat nozzle jika masih ada bensin yang menetes. Tunggu hingga bahan bakar benar-benar berhenti mengalir.