Berita

    Cara dan Tips Berkendara Saat Menerjang Genangan Air

    Saat musim hujan tiba jalanan akan menjadi basah dan banyak muncul genangan air bahkan banjir. Anda harus lebih berhati-hati ketika berkendara saat hujan karena genangan air dapat menyebabkan kendaraan tergelincir bahkan water hammer atau mobil mogok. Berikut cara dan tips yang bisa Anda ikuti saat menerjang genangan air.

            1. Tunggu Surut

    Ketika hujan deras tentu Anda sering menjumpai genangan air di jalanan terutama jalanan berlubang. Anda disarankan untuk menghindari genangan air dengan cara mencari jalur lain atau melewati bagian tengah jalan. Bagian tengah relatif lebih tinggi dan tidak memiliki genangan air.

    Jika genangan terlihat tinggi sebaiknya Anda menunggu hujan reda atau genangan surut. Adapun tinggi genangan air yang boleh diterjang yaitu ketika air mencapai setengah roda atau sekitar 30 cm.

    Lebih dari ketinggian tersebut genangan tidak boleh diterjang, sebab dapat menyebabkan water hammer. Water hammer adalah kerusakan yang terjadi karena air masuk ke dalam ruang bakar atau air intake. Jika air sampai masuk maka mobil Anda bisa mogok.

    Selain itu, jika mesin sampai kemasukan air Anda juga perlu memperbaiki mesin dengan biaya yang tidak sedikit. Oleh karena itu, jika memungkinkan sebaiknya tunggu hingga banjir atau genangan surut.

            2. Pakai Kecepatan Rendah

    Jika Anda terpaksa harus menerjang genangan air yang cukup tinggi maka salah satu solusi yang bisa Anda lakukan adalah memakai kecepatan rendah. Jika Anda memakai kecepatan tinggi untuk menerjang banjir maka air akan lebih mudah masuk ke dalam mesin mobil Anda.

    Kecepatan yang disarankan yaitu sekitar 15 km per jam. Pertahankan kecepatan tersebut untuk menghindari timbulnya gelombang air yang dapat masuk ke air intake sampai mobil Anda keluar dari genangan air.

            3. Tetap Jaga Jarak

    Meski berada di jalanan yang penuh air dan menggunakan kecepatan rendah, Anda tetap perlu menjaga jarak minimal dengan kendaraan di depan Anda. Hal tersebut perlu dilakukan untuk mengantisipasi adanya lubang atau kendaraan mengerem mendadak.

    Jika Anda tidak menjaga jarak, akan beresiko terkena benturan mendadak atau tabrakan beruntun.

            4. Gunakan Gigi Rendah

    Tips menerjang genangan air selain mengurangi kecepatan, Anda juga perlu memakai gigi rendah ketika melewati genangan air. Apabila Anda memakai kendaraan otomatis, Anda bisa memakai gigi pertama atau kedua. Sedangkan jika Anda memakai mobil dengan transmisi manual, Anda bisa memakai gigi satu.