Berita

    Bukan Hanya Bergaya, Ini Fungsi Dashcam pada Mobil

    Fungsi Dashcam Mobil

    Bagi Anda yang baru mengenal dashcam atau beru menemukannya di internet dan tertarik untuk membeli, mungkin bertanya-tanya fitur-fitur apa saja yang dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan selama berkendara. 

    Pasalnya, ada banyak fiturnya yang bisa dimanfaatkan. Seperti pengaturan satu atau dua kamera atau konektivitas cloud di beberapa model dan merek. 

    Agar memudahkan Anda untuk mengetahui detailnya, berikut fungsi dashcam mobil yang bermanfaat untuk keamanan dan keselamatan berkendara. 

            1. Perekaman Loop secara Otomatis 

    Fitur ini akan merekam video baru dan menimpanya di video lama yang sudah tersimpan ketika storage-nya sudah penuh. Umumnya berbentuk kartu SD yang memiliki keterbatasan memori. 

    Ketika memiliki dashcam, tentu hal terakhir yang tidak ingin dilakukan adalah menghapus video-video lama secara manual setiap waktu. Lama-lama ini akan melelahkan dan bisa saja Anda lupa melakukannya. Akibatnya, video baru tidak akan terekam.

    Untuk mencegah hal tersebut, setiap produsen dashcam sudah memberikan fitur ini sehingga video lama akan langsung tertimpa secara otomatis dengan video baru ketika memorinya sudah penuh. 

            2. GPS dan Pencatatan Kecepatan

    Ada beberapa jenis dashcam yang sudah dilengkapi dengan fitur GPS dan pencatatan tingkat kecepatan pengendara dalam mengemudi. Hal tersebut akan memudahkan dalam menemukan lokasi yang tepat ketika harus mereka ulang video rekamannya. 

    Dalam beberapa model, GPS sudah terpasang secara otomatis. Akan tetapi, ada juga model lainnya yang memerlukan unit GPS secara terpisah. 

            3. Deteksi Dampak dan Penandaan Peristiwa

    Idealnya, setiap dashcam harus memiliki G-sensor, atau akselerometer, untuk merasakan benturan dan akselerasi atau deselerasi mendadak. Fungsi dashcam mobil Ini memungkinkan dasbor untuk membuat dan menandai video suatu peristiwa yang sesuai, sehingga Anda dapat dengan mudah menemukan video yang ingin dicari nanti. 

            4. Mode Parkir Buffer

    Bagi beberapa pemilik kendaraan, Mode Parkir yang baik adalah satu-satunya fitur terpenting dari kamera dasbor. 

    Dalam Mode Parkir, kamera dasbor akan memantau mobil yang diparkir saat Anda meninggalkan mobil. Penyimpanannya pun dirancang lebih hemat daya daripada mode perekaman biasa.